Skip to content
February 7, 2011 / leonard boby

Roast Chicken

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang ‘Roast Chicken” atau ayam panggang.

Keinginan saya untuk membuat ‘Roast Chicken‘ muncul ketika saya bersama teman kantor makan siang di sebuah restaurant bernama ‘Ya Udah Bistro’ (YUB) yang terletak di jl.Johar, Jakarta Pusat. Kala itu kami memesan ayam panggang yang harus dipesan satu jam sebelumnya, karena itu adalah waktu yang dibutuhkan untuk memanggang satu ekor ayam utuh. Jadi dengan cara tersebut kesegaran hidangan ini terjaga, dan menurut saya memang tertampil di rasanya. Roast Chicken YUB ini dagingnya sangat empuk, juicy, sementara kulitnya kering, dan bumbunya meresap sampai ke bagian dalam.

Sambil menyantap ayam panggang yg nikmat ini, muncul pertanyaan-pertanyaan di benak saya – yang memang selalu muncul ketika saya menyantap hidangan-hidangan yang enak – “Bagaimana cara membuat hidangan seperti ini? Bahan-bahannya apa saja? Apakah saya bisa membuatnya?”.

Dari rasa ingin tahu tersebut, saya mulai browsing.

Berbekal pengetahuan dari internet, oven tua milik mama, dan tentu saja rasa penasaran, saya memberanikan diri untuk membuat ayam panggang ini. Berangkatlah saya ke supermarket terdekat untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, sebagai berikut: 1 ekor ayam dan 300 gram kentang siomay (berapa banyak kentang yang digunakan tergantung selera).

Sementara bumbu yang saya gunakan adalah: bawang putih, bawang merah, daun salam, daun rosemary, garam, lada hitam, minyak zaitun (olive oil), butter, dan satu buah lemon.

Cara membuat:

1. Oven saya panaskan terlebih dahulu, dan saya atur ke suhu yang paling tinggi.

2. Kentang saya cuci bersama kulitnya dengan air bersih dan kemudian ditiriskan. Lalu kentang saya letakkan di dalam loyang (anda dapat menggunakan wadah anti panas lainnya seperti keramik atau kaca, tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat tersebut dapat digunakan untuk oven).

Lalu kentang saya siram dengan minyak zaitun, saya taburi garam dan lada hitam secukupnya. kemudian saya taburkan bawang putih yang sudah dicacah halus, dan saya aduk sampai seluruh bagian kentang terselimuti oleh bahan-bahan tadi. Setelah itu pada kentang, saya meletakkan potongan-potongan butter (kurang lebih satu sendok makan), bawang merah utuh (tanpa dikupas), dua lembar daun salam, dan 3 tangkai daun rosemary.

3. Satu ekor ayam utuh saya keringkan bagian luarnya dengan menggunakan tissue. Lalu dengan menggunakan jari, saya pisahkan bagian kulit dengan daging sampai ke bagian paha ayam, setelah itu saya selipkan potongan-potongan kecil butter, dan sedikit daun rosemary. Kemudian saya oleskan minyak zaitun di bagian luar ayam, lalu saya beri garam dan lada hitam merata ke seluruh permukaan ayam.

Di bagian dalam juga saya taburkan garam dan lada hitam secukupnya, lalu setengah sendok makan butter, selembar daun salam, dan setangkai daun rosemary. Kemudian saya letakkan ayam tersebut diatas kentang yang ada di dalam loyang, saya taburi dengan perasan jus dari setengah buah lemon dan dipanggang di oven selama 45 menit.

4. Setelah 45 menit, loyang saya keluarkan. Lalu ayam saya diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan selama kurang lebih 10 menit sebelum dipotong. Hal ini saya lakukan agar daging ayam tetap empuk dan juicy, karena apabila daging ayam langsung dipotong ketika masih panas maka juice-nya akan mengalir keluar, dan menyebabkan daging ayam terasa kering dan agak keras. Ini juga berlaku pada daging lainnya, paling tidak itu yang dikatakan oleh para ahli masak dan chef-chef ternama, saya hanya mengikuti saja hehehehe..

5. Hasilnya…walaupun bagian kulit dari ayam tidak kering merata, tapi dari segi rasa lumayan untuk percobaan pertama hehehe. Sisa2 minyak atau cairan yg di dalam loyang saya gunakan sebagai saus untuk si ayam panggang ini.

Demikian kira2 pengalaman saya membuat Roast Chicken, ternyata tidak rumit dan hasilnya juga cukup memuaskan (paling tidak buat saya sendiri =p). Mungkin anda bisa mencoba di rumah masing2, atau mungkin juga anda lebih tertarik makan di YUB, apapun pilihan anda yang terpenting adalah…jangan lupa ajak-ajak saya untuk ikutan makan 😉

Cheers

5 Comments

Leave a Comment
  1. munchkin / Feb 8 2011 10:24 am

    wiiiiiiiiiiiiiiiii, kenalan sama blognyaaa 😆

    itu kolom sebelah kanan masih virgin hihihihi

    • leonard boby / Feb 8 2011 10:41 am

      Iya nik…maklum msh newbie nih hehehehe

  2. Odjet / Feb 8 2011 5:24 pm

    Kayaknya kapan2 harus hadir dan memberikan kesaksian… Ini semua semata mata biar tulisan lo ga dibilang hoax Bob… bukan cari makan gratisan.. :p preeeeeeet…

    • leonard boby / Feb 8 2011 6:07 pm

      hehehe siap jo!

  3. Elizabeth Hardjakoesoema / Aug 1 2011 1:50 pm

    Nice recipeeee! Aku nanti mau coba ah, kak 🙂 hehe

Leave a Reply

