Skip to content
February 11, 2011 / leonard boby

Bermain-main dengan Masakan

Bila melihat judul diatas mungkin konotasinya seakan-akan mempermainkan masakan, secara asal-asalan mencampur-campurkan bahan makanan yang kemudian hasil akhirnya tidak karuan dan hanya berakhir di tempat sampah. Memang, walaupun kecil, tetap ada kemungkinan menghasilkan masakan yang rasanya enak dengan cara seperti itu, tetapi bukan bermain-main seperti itu yang ingin saya bagi disini, melainkan mencoba membuat suatu kreasi masakan yang kemudian bisa dinikmati, atau minimal tidak berakhir terbuang.

Dalam membuat kreasi masakan, biasanya saya pelajari dahulu bagaimana cara memasak suatu jenis masakan dari resep-resep yang bisa didapatkan di internet, saya coba, lalu di kesempatan lain berimprovisasi dengan bekal pengetahuan percobaan sebelumnya. Biasanya saya melakukannya berulang-ulang hingga menemukan kreasi yang menurut saya benar-benar pas.

Sebagai contoh ketika lumayan sukses membuat roast chicken, saya kemudian bertanya-tanya “Kira-kira diapain lagi yah?, hmmm…gimana yah kalo pake ayam tanpa tulang?, kalo dikasih keju enak nih kayaknya”. Dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu saya membulatkan tekad untuk mencobanya.

Bahan-bahan yang saya gunakan:

1. Satu potong dada ayam tanpa tulang (dibelah dua).

2. Dua lembar bacon. (*bagi yang tidak mengkonsumsi daging babi, bisa diganti dengan daging sapi asap, atau dengan bahan lain sesuai kreasi anda sendiri)

3. Keju Parmesan secukupnya (kira-kira dua sendok makan).

4. Kentang siomay kurang lebih 10 butir (dikupas).

5. Daun Rocket.

Bumbu-bumbu yang saya pakai: Garam, Lada hitam, minyak zaitun (olive oil), balsamic vinegar, salted butter,  satu buah bawang putih (dicacah halus), 3 buah bawang merah tanpa dikupas, setengah buah lemon satu lembar daun salam, dua tangkai daun rosemary.

Peralatan yang saya gunakan yaitu oven, baking tray , pisau dapur, penjepit makanan, talenan, sendok makan, sendok teh.

Mula-mula saya panaskan oven, suhunya saya atur pada temperatur yang paling tinggi. Kentang ditaruh dalam baking tray, saya berikan olive oil (kira-kira dua sendok makan), lalu garam dan lada hitam secukupnya. Kemudian saya taburkan bawang putih yang telah dicacah, satu sendok makan balsamic vinegar, lalu saya aduk sampai seluruh permukaan kentang terselimuti dengan bumbu-bumbu tadi. Saya letakan daun salam, daun rosemary, dan bawang merah diatas kentang yang sudah terlapisi bumbu, kemudian saya panggang di oven selama 7 menit.

Selagi memanggang kentang, saya mempersiapkan daging ayam. Dada ayam saya potong memanjang tepat di tengah, lalu masing-masing saya beri garam dan lada hitam secukupnya pada seluruh permukaan dada ayam. Kemudian saya letakkan masing-masing dada ayam yang sudah diberi bumbu diatas selembar bacon, dan pada sisi paling atas dada ayam saya taburi keju parmesan lalu digulung. Untuk menjaga posisi daging ayam dan bacon ini agar tetap tergulung, saya gunakan tusuk gigi.

Setelah 7 menit, saya keluarkan kentang dari oven lalu saya letakkan ayam diatas kentang, saya masukkan 2 sendok makan butter ke dalam baking tray, kemudian saya guyur ayam dengan balsamic vinegar (masing-masing ayam satu sendok makan), lalu dipanggang kembali selama 30 menit.

Ayam yang sudah matang, saya angkat dari baking tray dan saya diamkan di suhu ruangan selama 10 menit. Kemudian saya atur daun rocket segar diatas piring dan saya beri satu sendok makan olive oil, satu sendok teh balsamic vinegar, kurang lebih 5 tetes jus lemon, garam dan lada hitam secukupnya. Lalu saya sajikan bersama ayam dan kentang. Minyak yang tersisa pada baking tray saya gunakan sebagai saus, karena minyak tersebut mengandung konsentrasi rasa dari semua bahan dan bumbu.

Hasilnya diluar dugaan saya, daging ayam matang merata, empuk dan juicy, dengan keju parmesan yang meleleh di dalam gulungan ayam, “Waaaah..ternyata lumayan berhasil!”. Bagi saya, apapun hasilnya, membuat kreasi masakan sendiri itu sangat menyenangkan, intinya adalah gunakan imajinasi dan keberanian untuk mencoba. Saya saja bisa…apalagi anda? 😉

Ayo, mari kita bermain-main dengan masakan..

Cheers!

One Comment

Leave a Comment
  1. mbakdan / Apr 29 2012 3:19 pm

    wow.. senang menemukan blog ini! aku coba nanti resepnya ya mas bobby.. ayo ke ‘roemah kajoemanis’ku : cinnamome37.blogspot.com .. ada resepnya dikit di ‘dapoer kajoemanis’ 🙂 mampir yaa!

    -danti-

Leave a Reply

